Jumat, 19 Oktober 2012

karya sastra budha


Karya sastra peninggalan budha:
(a) Kitab Kakawin Bharatayudha, karya Mpu Sedah dan Mpu  Panuluh, pada masa pemerintahan Raja Jayabaya dari  Kediri. Kisah peperangan Pandawa dengan Kurawa yang  secara implisit menggambarkan perang antara Jenggala dan  Kediri. 
(b) Kitab Kakawin Hariwangsa dan Gatotkacasraya, karya Mpu  Panuluh.
(c)  Kitab Smaradhana, karya Mpu Dharmaja. 
(d)  Kitab Lubdaka dan Kitab Wrtasancaya, karya Mpu Tanakung.  
(e) Kitab Kresnayana, karya Mpu Triguna. 
(f) Kitab Pararaton, isinya sebagian besar mitos tentang riwayat  Ken Arok, Riwayat Raden Wijaya dan Kertanegara sampai  menjadi raja di Majapahit. 
(g) Kitab Sundayana, yang mengisahkan terjadinya peristiwa Bubat, yaitu perkawinan yang berubah menjadi pertempuran. 
(h)  Negarakretagama, yang dikarang oleh Mpu Prapanca, mengisahkan perjalanan Hayam Wuruk ke daerah-daerah kekuasaan Majapahit. 
(i) Kitab Sutasoma, yang dikarang oleh Mpu Tantular, berisi  tentang riwayat Sutasoma, seorang anak raja yang menjadi  pendeta Budha. Dalam kitab ini tergambar adanya kerukunan umat beragama di Majapahit antara umat Hindu dengan  umat Budha. Dalam kitab ini terdapat ungkapan Bhinneka  Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa. 
(j) Kitab Ranggalawe, yang menceritakan pemberontakan Ranggalawe
(k) Kitab Sorandaka, yang menceritakan pemberontakan Sora. 
(l) Kitab Usana Jawa, yang menceritajan penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar. 

0 komentar:

Poskan Komentar

NB: Tulis saran,dan kritik mohon tidak menuliskan hal-hal yang mengandung unsur SARA, kata - kata yang provokativ (Flamming) maupun menjurus Pornografi, SPAMMING maupun Promosi dan supaya lebih bagus??????