Rabu, 27 Februari 2013

APLIKASI MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI:


Text Box: Nama : Ilham waskito
Kelas : XI-IPA 2
APLIKASI MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI:
1.      Aplikasi Matematika dalam Ilmu Psikologi:
Matematika psikologi adalah sebuah pendekatan untuk penelitian psikologis yang didasarkan pada model matematika dari proses persepsi, kognitif dan motorik, dan pada pembentukan teori-teori seperti aturan yang berhubungan karakteristik stimulus diukur dengan skala perilaku. Dalam praktek kuantifikasi perilaku sering dibentuk oleh kinerja tugas. Matematika sebagai ilmu yang universal, aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat banyak. Tapi kadang tidak kita sadari. Pada bidang psikologi manusia pun, kita bisa menemukan peranan ilmu matematika. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi matematika dalam ilmu psikologi. Kuantifikasi perilaku merupakan dasar pada upaya penerapan matematika dalam ilmu psikologi, teori pengukuran adalah topik utama dalam matematika psikologi. Matematika Psikologi sering juga disebut psikometri. Namun, psikometri dan psikologi memiliki perbedaan pokok. Jika psikometri berkaitan dengan perbedaan individu (atau struktur populasi) dalam variabel kebanyakan statis, psikologi matematika berfokus pada model proses proses persepsi, kognitif dan motor seperti disimpulkan dari ‘individu rata-rata’.
Selanjutnya, di mana psikometri menyelidiki struktur ketergantungan antara variabel-variabel yang sifatnya stokastik seperti yang diamati dalam populasi, matematika psikologi hampir secara eksklusif berfokus pembentukan model matematika dari data yang diperoleh dari paradigma yang sifatnya eksperimental dan karena itu lebih erat kaitannya dengan psikologi eksperimental / psikologi kognitif / psychonomics. Seperti neuroscience komputasi dan ekonometrik, teori psikologi matematika sering menggunakan optimasi statistik sebagai prinsip, dengan asumsi bahwa otak manusia telah berkembang untuk memecahkan masalah dengan cara yang dioptimalkan. Tema sentral dari psikologi kognitif adalah kapasitas pengolahan terbatas melawan kapasitas pengolahan kapasitas tak terbatas, serial pengolahan melawan pengolahan paralel, dll, dan implikasinya, adalah sentral dalam analisis yang teliti dalam matematika psikologi. Matematika psikologi sangat aktif di berbagai bidang psikologi, terutama di psychophysics, sensasi dan persepsi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, teori belajar, memori, dan bahasa, yang dikenal sebagai psikologi kognitif, dan analisis kuantitatif perilaku tetapi juga, misalnya, dalam klinis psikologi, psikologi sosial, dan psikologi musik.

2.      Aplikasi Trigonometri Para Perkembangan Ilmu Teknik Sipil () 
Selain di bidang ilmu astronomi, trigonometri juga sangat erat kaitannya dengan pekerjaan seorang surveyor (ahli ilmu ukur tanah). Pengukuran tanahadalah suatu cabang ilmu alam untuk menentukan posisi ruang dimensi tiga dari suatu tempat pada permukaan bumi. Hasil pengukuran tanah yang diperleh antara lain digunakan untuk membuat peta topografi dari bumi untuk menentukan luas wilayah suatu daerah. Dalam sistem undang-undang agraria zaman sekarang, koordinat eksak batas negara adalah suatu hal yang sangat penting agar batas negara tidak bergeser, seperti yang sering diangkat di media.
Para engineer, khusunya ahli sipil, lebih khususnya lagi ahli geodesi, sangat bergantung pada seorang surveyor. Ketika seorang insinyur membuat perencanaan pembangunan suatu proyek, seperti pembangunan jalan raya, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, dll peran surveyor sangat diperlukan. Mirip kalitannya dengan ahli
dosimetri dengan dokter spesialis penyakit onkologi. Seorang suveyor juga harus mempersiapkan untuk input data mengenai permukaan bumi dan tanah, setelah itu data diinput pada suatu sistem informasi yang diberi naman GIS (Geographical Information System). Tidak jarang pengamatan untuk menghitung kemingan jalan raya, rel kereta api, dan jembatan, Keahlian trigonometri seorang surveyor sangat mempermudah pekerjaannya sehingga beliau tak perlu terjun langsung ke medan-medan sulit.

2 komentar:

  1. apakah ada penerapan matematika untuk komunikasi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ,,ya nanti aku posting kan??

      Hapus

NB: Tulis saran,dan kritik mohon tidak menuliskan hal-hal yang mengandung unsur SARA, kata - kata yang provokativ (Flamming) maupun menjurus Pornografi, SPAMMING maupun Promosi dan supaya lebih bagus??????