Kamis, 23 Mei 2013

Momen Gaya

Sebagus apa pun gagang pintu, pasti dipasang pada posisi yang paling jauh dari engselnya. Tujuannya hanya satu, memudahkan kita saat membuka pintu.
Bagaimana bisa hal ini berhubungan dengan fisika?


Momen gaya disebut juga torsi. Berasal dari Bahasa Latin torquere, yang artinya memutar. Momen gaya dapat diartikan sebagai gaya yang menyebabkan suatu benda berputar terhadap suatu poros tertentu. Dalam bahasan fisika, momen gaya disimbolkan dengan \tau(tau).
Dalam istilah lain yang lebih rumit disebutkan, momen gaya adalah ukuran efek berputar yang diakibatkan oleh suatu gaya di sekitar poros.

Besar momen gaya (\tau) adalah hasil kali gaya (F) dengan lengan momen (\l). Rumusnya ini:
\tau =Fl

Keterangan:
\tau: Momen Gaya (Nm)
F: Gaya (N)
\l: lengan momen (m)

Berdasarkan persamaan di atas, nilai momen gaya akan semakin besar jika lengan gaya semakin besar pula. Momen gaya semakin besar ditandai dengan semakin mudahnya daun pintu berputar pada porosnya (engsel). Itulah alasan mengapa gagang pintu dipasang pada posisi paling jauh dari engselnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

NB: Tulis saran,dan kritik mohon tidak menuliskan hal-hal yang mengandung unsur SARA, kata - kata yang provokativ (Flamming) maupun menjurus Pornografi, SPAMMING maupun Promosi dan supaya lebih bagus??????