Minggu, 18 Agustus 2013

10 Jenis Alergi Paling Aneh

10 Jenis Alergi Paling Aneh

Contohnya, orang yang alergi rambut binatang dapat menghindari interaksi dengan binatang guna mencegah timbulnya alergi.

alergiSugent Sutanto/Fotokita.net
Alergi merupakan reaksi sistem imun tubuh berlebihan terhadap sesuatu yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Reaksi yang ditimbulkan umumnya adalah rasa gatal, terbakar, hingga sesak napas.

Alergi mungkin hal normal yang bisa dialami siapa saja. Setelah mengetahui tubuhnya mengalami alergi terhadap hal tertentu, seseorang dapat mencegahnya dengan menghindari interaksi tubuhnya dengan pemicu alerginya (alergen). Contohnya, orang yang alergi rambut binatang dapat menghindari interaksi dengan binatang guna mencegah timbulnya alergi.

Namun, ternyata, ada pula jenis alergi yang cukup menyulitkan pengidapnya. Pasalnya, alergen yang harus dihindarinya cukup sulit dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari.
Apa saja jenis alergi yang dikategorikan "aneh" tersebut? Berikut adalah 10 di antaranya.

1. Alergi sinar matahari
Sinar matahari penting artinya bagi kesehatan tubuh. Namun, ada sebagian orang yang justru mengalami alergi jika terkena sinar ini.  Orang yang mengalami alergi sinar matahari akan merasakan gatal yang disebut dengan istilah solar urticaria. Penderita juga mungkin merasakan sengatan yang tajam di kulitnya saat terkena sinar matahari dalam hitungan menit. Ia juga mungkin merasakan sakit kepala, memar, bahkan mual.

2. Alergi uang
Ada orang yang alergi dengan alat tukar ini, terutama dengan uang logam yang terbuat dari bahan nikel. Uang logam dapat menimbulkan reaksi  yang disebut contact dermatitis. Gejala yang muncul akibat alergi ini adalah ruam di kulit yang menyebabkan gatal.

3. Alergi air
Air dalam suhu apa pun dapat menyebabkan gatal dan ruam pada kulit orang yang menderita alergi ini. Alergi air terjadi pada satu di antara 230 juta orang dan belum diketahui penyebabnya.  Alergi air juga disebut dengan istilah aquagenic urticaria, atau sekelompok gejala gatal-gatal (hive) yang berkaitan dengan urticaria fisik. Urticaria atau kaligata adalah istilah medis untuk gatal yang biasanya ditandai dengan bentol atau tanda kemerahan pada kulit. Bentol-bentol ini biasanya akan hilang setelah sekitar 30 menit. Penggunaan antihistamin dapat meringankan gejala yang muncul akibat alergi ini.

4. Alergi olahraga
Ini adalah tipe alergi yang pernah dilaporkan dalam literatur medis sekitar 1.000 kasus sejak 1970-an. Pada tahap ringan, alergi terhadap olahraga hanya menimbulkan ruam dan gangguan pencernaan. Tetapi, dalam beberapa kasus yang berat, ini dapat memberikan reaksi alergi yang mengancam jiwa seperti anaphylaxis, kondisi yang membuat penderita kesulitan bernapas dan tekanan darah anjlok tiba-tiba.

5. Alergi sentuhan
Sentuhan dapat memberikan ruam merah pada kulit bagi mereka yang mengalami alergi ini. Bahkan, duduk di kursi dan memakai pakaian yang terlalu ketat dapat memicu reaksi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut juga dengan Dermographism, yang berarti "penulisan pada permukaan kulit". Disebut demikian karena Anda bisa menuliskan nama pada permukaan kulit hanya dengan goresan kuku. Tekanan pada kulit menyebabkan reaksi gatal. Anda juga bisa mengalami ruam bila mengenakan pakaian yang terlalu ketat.

6. Alergi sperma
Alergi ini memang terbilang sangat jarang kasusnya. Gejala yang muncul biasanya biduran dan pembengkakan di area vagina setelah berhubungan intim. Cara pencegahan terbaik adalah penggunaan kondom, tetapi pada wanita yang ingin hamil dapat meminta suntikan khusus alergi untuk mengatasi masalah ini. Jika cara tersebut gagal, salah satu opsi lain untuk mendapatkan kehamilan dengan jalan inseminasi.

7. Alergi dingin
Paparan udara dingin dapat memberikan ruam pada kulit pada mereka yang memiliki alergi dingin. Bahkan, berenang di air dingin dapat memberikan reaksi alergi yang mengancam jiwa.

8. Alergi sepatu
Sepatu yang dimaksud di sini adalah sepatu kulit. Alergi ini sebenarnya dipicu oleh senyawa kimia yang digunakan untuk mengolah kulit.  Tipe alergi juga masuk dalam kategori contact dermatitis.

9. Alergi cokelat
Alergi cokelat dipicu oleh bahan utama cokelat. yaitu biji cokelat dan bahan campuran lainnya. Gejala umum dari alergi cokelat ialah sakit kepala, ruam kulit, mulas, gatal, hingga masalah pernapasan.

10. Alergi semua makanan kecuali air
Hampir tidak ada yang mengalami alergi jenis ini. Namun, seseorang yang mengalaminya hanya dapat meminum air dan menerima nutrien dalam bentuk suplemen setiap harinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

NB: Tulis saran,dan kritik mohon tidak menuliskan hal-hal yang mengandung unsur SARA, kata - kata yang provokativ (Flamming) maupun menjurus Pornografi, SPAMMING maupun Promosi dan supaya lebih bagus??????